Rabu, 07 Desember 2011

Penggolongan Komputer

Komputer dapat digolongkan berdasarkan sudut pandangnya.Berikut ini adalah sudut pandang yang dimaksud adalah :

1.Berdasarkan data yang di olah,
2.Berdasarkan penggunaannya, dan
3.Berdasarkan ukurannya.


1.Berdasarkan Data Yang Diolah

1.Komputer Analog adalah komputer yang banyak digunakan pada proses pengontrolan pada pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, dan pada tempat-tempat yang datanya bersifat continue dan bukan berbentuk angka karena pada umunya output dari komputer analog ini digunakan untuk pengaturan dan pengontrolan suatu mesin. Akurasi dari komputer analog ini kurang tepat dibandingkan komputer digital namun dalam proses pengerjaannya komputer analog ini lebih cepat dari komputer digital.

2.Komputer Digital adalah komputer yang biasa digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik karena data pada komputer digital berbentuk angka atau huruf. Keunggulan dari komputer digital adalah proses datanya lebih akurat daripada komputer analog, dapat menyimpan data, dapat melakukan operasi logika, dapat mengoreksi dan menghapus data yang telah dimasukan, dan output dari komputer digital dapat berupa gambar ataupun grafik

3.Komputer Hybrid adalah kombinasi dari komputer analog dan digital. Kelebihan dari komputer ini adalah dapat menyelesaikan permasalahan lebih cepat daripada komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.


2.Berdasarkan Penggunaannya

1.Komputer Untuk Penggunaan Khusus (Special Purpose Computer) adalah komputer yang dirancang untuk menyelesaikan satu masalah saja. Biasanya program untuk komputer ini sudah tersimpan didalamnya sehingga komputer ini tidak bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah lainnya. Komputer jenis ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri. Pada umumnya komputer jenis ini berbentuk komputer analog.
2.Komputer Untuk Penggunaan Umum (General Purpose Computer) adalah komputer yang dapat digunakan untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah. Kekurangan dari komputer ini adalah mempunyai kecepatan yang lebih lambat daripada Special Purpose Computer dan pada umumnya komputer jenis ini berbentuk komputer digital.


3.Berdasarkan Ukurannya

1.Komputer Mikro (Micro Computer) adalah komputer yang hanya dapat digunakan oleh satu pemakai saja untuk setiap saat. Komputer ini biasa diletakkan di atas meja oleh karena itu komputer ini biasa disebut Desk Computer dan harga dari komputer inipun juga terbilang murah sehingga banyak orang yang mampu untuk membeli komputer ini, maka tak heran jika komputer ini disebut juga sebagai Personal Computer.
2.Komputer Mini (Mini Computer) adalah komputer ini adalah komputer yang pertama kali digunakan untuk pengendalian proses produksi, riset laboratorium, dan komunikasi data karena komputer jenis ini bersifat multi-user yaitu komputer yang dapat digunakan lebih dari satu pemakai karena komputer ini mempunyai terminal-terminal yang dapat menghubungkan sampai 64 komputer mini yang lain. Oleh perusahaan yang membuatnya, komputer ini juga digolongkan kembali berdasarkan dari kemampuannya menjadi midi-mini computer, mini-mini computer, maxi-mini computer, dan super-mini computer.

3.Komputer Kecil (Small Computer) atau yang biasa disebut small-scale mainframe computer. Small computer yang sekarang kebanyakan menggunakan sistem multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage. Small Computer hampir sama dengan Mini Computer karena bersifat multi-user namun untuk Small Computer, mempunyai terminal hingga mencapai ratusan buah.

4.Komputer Sedang (Medium Computer) atau biasa disebut juga dengan medium-scale mainframe computer. Medium Computer mempunyai bermacam-macam alat input atau output yang dapat digunakan untuk komunikasi data.

5.Komputer Besar (Large Computer) atau bisa juga disebut dengan mainframe computer karena mempunyai bentuk yang besar seperti lemari. Komputer jenis ini digunakan pada perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang yang tersebar diseluruh dunia. Komputer jenis ini juga mengenal sistem time sharing yang memungkinkan ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar