Kamis, 08 Desember 2011

Menggunakan Fitur Spesial MS.Excel

AutoComplete (Memasukkan Data Terduplikasi)
Fitur AutoComplete membuat mudah untuk memasukkan teks yang mirip/ sama didalam kolom. Disamping mengetik item teks berkali-kali, anda hanya perlu mengetik satu kali didalam sebuah kolom. Berikutnya, jika anda ingin mengetik teks yang sama anda hanya cukup mengetik beberapa huruf awalnya saja. Excel akan menyelesaikan sisa isian yang belum lengkap. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Ketik isian lengkap kedalam sel dan tekan ENTER
  2. Mulai mengetik dengan isian yang sama dikolom bagian bawah berikutnya Excel akan secara otomatis mengisi sisa isian
  3. Tekan Enter untuk menerima saran Excel, atau tetap mengetik jika anda ingin mengisi dengan isian yang berbeda
  4. Tekan ENTER jika anda sudah selesai mengetik isian


AutoCorrect (Membetulkan Ejaan)
AutoCorrect adalah fitur yang secara otomatis mengkoreksi hal-hal yang berkaitan dengan ejaan. Jika anda secara tidak sengaja mengisi/ mengetik “teh“ kedalam worksheet Excel secara otomatis merubah pengejaan menjadi “the“. Secara otomatis AutoCorrect (Koreksi otomatis) sudah termasuk beberapa kalimat yang sering salah eja. Anda juga dapat menambah data isian baru pada AutoCorrect melalui kotak dialog spelling.

AutoFill (Data Berurutan/ Berulang)
Excel terdiri dari fitur AutoFill, yang memungkinkan anda untuk mengisikan data yang berurutan secara otomatis. Ketika Sequence dimula, AutoFill akan menganalisa dan melanjutkannya untuk anda. Anda dapat menggunakan AutoFill untuk tanggal, bulan, tahun, dsb. Langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengisi range dengan angka-angka sequensial, ketik angka-angka didua sel pertama (Dua sel ini dapat dikolom yang sama atau dibaris yang sama)
  2. Pilih dua sel, kemudian posisikan mouse disudut kanan bawah dan pilih range yang diinginkan. Pointer akan berubah menjadi tanda silang.
  3. Tarik tanda silang tersebut ke akhir range yang ingin anda isi dengan sequence dan lepaskan tombol mouse. AutoFill akan menyelesaikan angka sequence ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar